Penandatangan Kerjasama Sinergi BUMN Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata

Warta EMI - jum'at, 10 november 2017 - 00:00 WIB

Jumat 10 November 2017, bertempat di Ruang Rapat Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Kantor Kementerian BUMN lantai 7, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta Pusat, telah dilakukan kegiatan Penandatanganan Kerjasama Sinergi BUMN yang dilakukan antara PT PGN dengan beberapa BUMN lainnya, dan anak perusahaan BUMN, yang berada di bawah naungan Deputi Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, salah satunya adalah PT Energy Management Indonesia (Persero). Penandatanganan Kerjasama ini merupakan langkah awal dari kerjasama beberapa BUMN, dan anak perusahaan BUMN, untuk proyek-proyek yang terkait dengan Energi, Logistik, dan Penggunaan Kawasan dari bidang bisnis dan area kerja yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan pelat merah tersebut.

Penandatanganan kerjasama Sinergi BUMN yang pertama dilakukan antara Direktur PT EMI (Persero), Dr. Andreas Widodo, dengan Direktur PT Permata Graha Nusantara (anak perusahaan PT PGN), Adrian Priohutomo, yang dimaksudkan untuk pelaksanaan proyek Jasa Penyediaan Audit Energi di Gedung PGN Ketapang, dimana PT EMI akan melaksanakan kegiatan Audit Energi sebagai langkah awal untuk mengetahui potensi penghematan energi yang dapat dilakukan oleh PGN, serta sebagai dasar untuk rencana program-program Manajemen Energi yang akan dilakukan oleh PGN di area gedung PGN Ketapang.

Penandatanganan kerjasama Sinergi BUMN yang kedua dilakukan antara Direktur Keuangan dan Umum PT EMI (Persero), Agung Djatmiko, dengan Group Head Program Management Office Infrastructure PT PGN, Rosa Permata Sari, yang dimaksudkan untuk pelaksanaan proyek Jasa Implementasi Pemasangan Sistem Monitoring Energi pada Bangunan Utama Gedung di Stasiun Kompresor Pagar Dewa, dimana PT EMI akan memasang alat dan sistem monitoring energi yang dapat digunakan oleh manajemen PGN untuk memonitor penggunaan energi di gedung tersebut. Data yang diperoleh dari sistem monitoring energi ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk verifkasi implementasi program-program Manajemen Energi yang akan dilakukan oleh PGN di area gedung stasiun kompresor Pagar Dewa.

Turut hadir pula dalam agenda penandatanganan kerjasama tersebut Bapak Edwin Hidayat Abdullah selaku Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Ibu Hendrika Nora Osloi Sinaga, selaku Asisten Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata I, Bapak Dilo Seno Widagdo selaku Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN, serta Bapak Gigih Prakoso selaku Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PT Pertamina (Persero).

Penandatanganan Kerjasama Sinergi BUMN yg dilakukan oleh PT PGN dengan beberapa BUMN lainnya, serta anak perusahaan BUMN, ini sebagai bukti pelaksanaan visi dan misi Kementerian BUMN, supaya sesama BUMN dapat saling bersinergi untuk pengembangan dan pelaksanaan bisnis BUMN yang juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan daya jual BUMN, baik di dalam negeri maupun luar negeri.