Sejarah PT. ENERGY MANAGEMENT INDONESIA (Persero)

1987 | KONEBA
Tahun 1987 PT. Konservasi Energi Abadi atau disingkat PT. Koneba, terbentuk dari gabungan 5 (lima) industri pupuk nasional, yaitu PT. Pupuk Sriwijaya, PT. Pupuk Kujang, PT. Pupuk Iskandar Muda, PT. Pupuk Kalimantan Timur, dan PT. Petrokimia Gresik.

1993 | KONEBA (BUMN)
Tahun 1993 Status PT. Koneba berubah menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PP No.2 tahun 1993 dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka konservasi energi.

2006 | PT. ENERGY MANAGEMENT INDONESIA (Persero)
Tanggal 12 Oktober 2006 berdasarkan rencana pengembangan bisnis perusahaan menuju usaha efisiensi energi, konservasi energi, energi baru terbarukan serta konservasi sumber daya alam, PT. Koneba (Persero) berubah menjadi PT. Energy Management Indonesia (Persero).

Visi dan Misi Perusahaan

Visi
Menjadi Mitra Strategis Pemerintah dalam Program Konservasi Energi dan Lingkungan untuk Mewujudkan Pembangunan Indonesia Berkelanjutan (Sustainable Indonesia).

Misi

    • Menyediakan layanan audit, studi, benchmarking, dan jasa konsultansi lainnya serta jasa implementasi konservasi energi dan lingkungan (EPC & supply sistem peralatan), berbasiskan pengembangan teknologi yang proven dan inovatif;
    • Melakukan pengelolaan dan pemanfaatan energi yang berwawasan lingkungan khususnya energi terbarukan.

 

Bisnis Utama

  1. Jasa konservasi energi dan lingkungan yang meliputi audit, benchmarking & gap closing, energy & environmental management, industrial technology consulting.

  2. Jasa implementasi konservasi energi dan lingkungan yang meliputi energy saving (industrial & power plant, green building, green industrial park) serta environmental protection (solid waste, water & wastewater treatment, flue gas control & environmental monitoring, land conservation for bioenergy).

  3. Jasa perencanaan, pengembangan serta penyediaan energi baru dan terbarukan yang berwawasan lingkungan (wood pellet & local resources biofuel).

  4. Jasa perencanaan, pengembangan serta pengelolaan fasilitas daur ulang (recycling) peralatan energi terbarukan dan konservasi energi (battery, solar PV dan lainnya).

  5. Jasa perencanaan, pengembangan serta pengelolaan paket unit industri proses dalam kerangka konservasi energi dan lingkungan.

Bisnis utama Perusahaan sebagaimana dinyatakan dalam gambar sebagai berikut.

Gambar 1 Bisnis Utama PT EMI (Persero)
  •  

Tata Nilai Perusahaan

AKHLAK

  • Amanah
    Sikap insan PT EMI (Persero) yang memegang teguh kepercayaan yang diberikan, dimana dalam pelaksanaannya setiap insan harus memiliki karakter berintegritas, terpercaya, bertanggungjawab, berkomitmen, accountable, jujur, serta disiplin dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.
  • Kompeten
    Sikap insan PT EMI (Persero) yang senantiasa terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, dimana dalam pelaksanaannya setiap insan harus memiliki karakter profesional, unggul, excellence, dan smart demi mencapai tujuan dan kepentingan perusahaan..
  • Harmonis
    Sikap insan PT EMI (Persero) yang senantiasa saling peduli dan menghargai perbedaan.
  • Loyal
    Sikap insan PT EMI (Persero) yang berdedikasi, berkomitmen dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara.
  • Adaptif
    Sikap insan PT EMI (Persero) yang terus berinovasi, lincah dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan demi mencapai tujuan dan kepentingan perusahaan.
  • Kolaboratif
    Sikap insan PT EMI (Persero) yang membangun kerja sama yang sinergis dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.

Bagan Struktur Organisasi